Minggu, 05 Desember 2010

Teknik Membuat Bakso

Tekni Membuat Bakso - Membuat bakso, tidak cuma dengan daging sapi. Ayam, cumi, udang, bahkan ikan pun dapat dibuat bakso. Apapun jenis bahan dasar yang digunakan, yang penting anda tau cara memilihnya. Karena bakso yang anda buat, hasilnya sangat ditentukan oleh pemilihan bahan dasar yang berkualitas.Berikut cara memilih bahan yang bagus : 

Bakso Daging Sapi - Pilih bagian daging yang tidak berurat dan berlemak sehingga mudah dihaluskan. Daging dicuci samapai bersih. Sebelum daging dihalukan, tiriskan terlebih dahulu sampai betul-betul airnya habis karna daging yang basah akan menghasilkan bakso berwarna hitam.




Bakso Udang - Pilih udang yang segar, kupas bagian punggungnya dan keluarkan urat yang berwarna hitam, cuci dan rendam selama 1 jam dalam air yang dibubuhi 1 sdm baking powder  untuk 500 gr udang. setelah itu tiriskan sampai airnya betul-betul habis, stelah   itu udang  dihaluskan.




Bakso Daging Ayam - Pilih ayam yang masi segar, buang tukang dan kulitnya,  Potong daging kecil- agar mudah untuk dihaluskan. Sebelum dihaluskan cuci daging ayam sampai bersih kemudian ditiriskan.

Bakso Cumi-cumi - Pilih cumi yang masi segar, buang kotoran yang melekat pada bagian dalam. sebelum dihaluskan, lakukan hal yang sama dengan udang, fungsinya agar cumi bisa kaku dan gampang untuk dihaluskan.




Bakso Ikan - Bakso ikan sebaiknya memilih ikan yang masi segar, buang kotorannya. cuci bersih, buang tulang dan kulitnya karena dapat menyebabkan bakso berbau amis. 






Perlengkapan dan Penyedap - Bumbu pokok bakso adalah bawang putih, merica, pala, garam, bumbu masak dan sedikit guka bagi bagi yang suka. Bumbu tersebut dihaluskan. Agar bakso berserat halus gunakan tepung kanji yang berkualitas paling baik.

Menghaluskan - Ada dua teknik menghaluskan daging. Cara tradisional dan modern, terserah manah yang dipilih. keduanya dapat menghasilkan bakso yang baik. Caranya:
  1. Cara tradisional, Menggunakan pisau dan talenan, pilih talenan yang tebal dan tidak gampang lecet agar bakso tidak berbau.
  2. Cara modern, Menggunakan 'Food Processor'. Sebelum dihaluskan, potong daging kecil-kecil. Masukkan daging sedikit demi sedikit kedalam tabung agar pisau didalam tabung gampang untuk berputar dengan lancar.


Membuat Adonan - Masukkan daging yang telah dihaluskan dan bumbu kedalam wadah yang bersih, aduk sambil ditaburi kanji sedikit demi sedikit sampai rata, Tuang putih telur sedikit-sedikit dan uleni sambil ditepuk-tepuk sampai adonan kalis.

Membentuk bakso bisa dilakukan dengan 3 cara : yang pertma, dengan cara kepal. Ambil adonan secukupnya, dan kepal sambil dipadatkan.Genggan dengan tangan kiri sedang ibu jari dan jari telunjuk membentuk lingkaran. Tekan sehingga adonan keluar dilingkaran jari dan membentuk bulatan, sendok adonan dan masukkan kedalam air mendidih. besar bakso sesuai dengan selera. Cara kedua yaitu, ambil 2 sendok, kemudian sendok adonan secukupnya dengan sendok kesatu, lalu ambil adonan dengan sendok kedua, sampai adonan berbentuk bulatan. Cara ketiga,  ambil adonan secukupnya, dan letakkan diatas tangan kiri dan tangan kanan diatasnya, putar adonan sampai berbentuk bulatan.

Cara Merbus  Bakso - Cara Merebus bakso, Setelah bakso berbentuk bulatan langsung masukkan kedalam air yang mendidih, rebus hingga bakso matang dan terapung. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin masukka kedalam kantung plastik yang tebal kemudian diikat dengan karet. Simpan dalam priser. 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalau pakai mesin penggiling daging kualitas dagingnya berubah nggak ya gan? :D

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More